Tulisan ini dimaksudkan dan ditujukan untuk kemaslahatan ospek jurusan. Kebetulan topiknya menarik jadi saya bagikan melalui kanal ini. (Bener gak sih namanya kanal?)

Sedikit pengantar, tugas ini memerintahkan saya untuk menjabarkan mimpi dan cita-cita yang ingin saya capai ketika kuliah dan setelah dikeluarkan kampus dengan membawa huruf tambahan di belakang…


Lama juga ya aku vakum dari Medium. Tulisan terakhirku lahir bulan Februari, sekitar empat bulan aku berhenti menulis dan memikirkan apapun yang ada disekitarku.

Sampai paragraf ini diketik, jujur aku belum tahu apa yang ingin kutulis. Banyak hal yang terjadi dan terpaksa perlu dihadapi. Banyak hal yang melintas di otak…


Tulisan ini sebenarnya singkat saja, sebab aku merasa sayang jika hanya perlu menyimpannya di jurnal pribadi.

Baru saja aku membaca paper tentang imperialisme linguistik — segera akan kubuat tulisan khusus mengenai hal ini — ada satu pola yang menarik tentang keterjajahan kita oleh sebuah sistem yang tak kasat mata.

Ternyata terjajah oleh sesuatu yang nyata (manusia atau makhluk hidup lainnya) lebih mudah untuk dilawan ketimbang terjajah oleh sistem yang tak dapat didefinisikan oleh alat indra. Terutama jika sistem tersebut sudah didukung oleh sejarah yang mengakar selama beberapa abad.

Hal ini pun mulai memengaruhi pemahamanku bahwa berbagai pergerakan yang diupayakan manusia — meskipun terlihat kurang perencanaan — pada dasarnya tidak hanya dilakukan untuk melawan manusia saja. Mereka berjuang untuk melawan waktu agar suatu hari solusi alternatif yang mereka tawarkan tidak berujung menjadi utopia basi yang tidak dapat menyelesaikan permasalahan.


“Bosan aku dengan penat, dan enyah saja kau pekat — 
seperti berjelaga jika ku sendiri”

— Tentang Seseorang, Rako Prijanto

18 adalah tahun yang kosong, jauh lebih kosong dari tahun-tahun sebelumnya. Rutinitas yang berkutat untuk menjawab ratusan soal eksak membuat saya jengah. Perasaan tidak tenang yang selalu menghantui membuat saya…


Tulisan kali ini sebenarnya tidak bertujuan untuk membagikan informasi bermanfaat bagi pembaca haha. Semuanya murni berisi racauan yang selama ini sulit saya ungkapkan.

Seharusnya saya tidak membuka Medium saat ini. Seharusnya saya mulai mencicil soal-soal Purcell untuk UTS besok. Seharusnya saya tidak boleh menulis sekarang. Namun, entah kenapa saat ini saya sedang merasakan emosi yang aneh. Bukan marah, sedih, atau bahkan senang — rasanya terlalu abstrak untuk dijelaskan.

Jujur sejak kecil saya memiliki…


Mulanya, tulisan ini ingin dipublikasikan pada 17 Agustus 2020. Namun, entah kenapa baru sempat dirampungkan sekarang.

Menurut orang-orang, rekam jejak digital sangatlah menyeramkan. …


Tulisan ini dibuat dalam rangka memenuhi challenge kesekian OSKM 2020

Sebenarnya inspirasi tulisan ini berasal dari kelemahan diri saya yang sulit memercayai apapun. Terutama pada berita-beita yang saya konsumsi setiap harinya dari berbagai sumber.

Setiap saya menyaksikan berita dengan berbagai jenis narasi, saya kerap kali merasa bingung, bagaimana cara membedakan…


Istilah era disruptif sering kali kita dengar akhir-akhir ini. Petugas gardu tol mulai digantikan oleh mesin otomatis, customer service berubah menjadi bot yang komunikatif, dan masih banyak lagi pekerjaan yang wacananya akan mulai tergusur oleh teknologi.

Isi notifikasi email setiap hari penuh dengan eksperimen machine learning untuk mengoptimasi berbagai ranah…


Di tulisan kali ini, saya ingin bereksperimen menggunakan Bahasa Indonesia formal dan non-formal. Tanpa terlalu memerhatikan tanda baca, keefektifan kalimat, dan hal-hal lainnya yang berkaitan dengan unsur gramatikal.

Kala itu, saya mengikuti seminar Gerakan Literasi Nasional di Bandung. Seminarnya seru, karena konsumsinya kayak hunger games dan enak tentunya! Materinya cukup…


Udah 5 bulan aku di rumah. Lulus udah, wisuda udah, ngembaliin buku perpus juga udah. Terus, kurang apa lagi, ya?

Kurang mikir! Biasanya, tiap abis ngelewatin fase-fase tertentu, orang-orang tuh senengnya kontemplasi, ya kan? Apa aja ya yang udah bisa dicapai? Apa udah bener-bener jadi “orang”? Abis ini pengen ngapain…

Nadhira Aalia Syifaa

Tulisan pengasingan.

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store